PENGARUH MOTIVASI DAN GENERASI MILLENIAL TERHADAP
MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI
MANAJEMEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan generasi
millenial terhadap minat bewirausaha. Penelitian ini menggunakan metode survei
dengan mengumpulkan data secara langsung, berupa penyebaran kuesionar yang
diambil dari suatu sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa
Manajemen tahun angkatan 2015 dengan 133 responden. Berdasarkan dari hasil
pengolahan data, model regresi linier berganda penelitian ini adalah Y =
1.849+0.306 X1 + 0.224 X2 + e kemudian hasil pengolahan data uji t dapat dilihat
motivasi diperoleh nilai signifikansi 0.000<0.05 dengan nilai thitung =
4.135>1.97838 dari ttabel kemudian generasi millenial diperoleh nilai signifikansi
0.001<0.05 dengan nilai thitung = 3.357>1.97838 dari ttabel. Serta hasil uji F maka
terdapat nilai signifikansi 0.000<0.05 dengan nilai Fhitung = 26.789>3.07 dari Ftabel.
Maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi berpengaruh secara parsial
terhadap minat berwirausaha, dan generasi millenial berpengaruh secara parsial
terhadap minat berwirausaha. Kemudian motivasi dan generasi millenial
berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha.
|