Abstrak  Kembali
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SALTED EGG CHICKEN DI KFC CIRACAS JAKARTA TIMUR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara inovasi produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian salted egg chicken di KFC Ciracas Jakrta Timur. Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Variabel yang digunakan yaitu inovasi produk dan periklanan sebagai variabel independen dan variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di KFC Ciracas Jakrta Timur, yang berjumlah 130 orang. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan Sampling Incidential, sehingga diperoleh sampel berjumlah 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, pengujian hipotesis uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien korelasi berganda. Hasil model regresi linear berganda yang diperoleh yaitu ̂ =1. 131 + 0,488 X1 + 0,222 X2. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi autokorelasi sehingga dapat diinterprestasikan model regresi mempunyai sifat BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Hasil perhitungan inovasi produk diperoleh thitung sebesar 6,335 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan derajad kebebasan atau degree of freedom (df) dengan ketentuan df = n – k atau DK = 98– 3 = 95 Dari ketentuan tersebut diperoleh angka thitung > ttabel (6,335 > 1,661), maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara inovasi produk dan periklanan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya Hasil perhitungan periklanan diperoleh thitung sebesar 3,847 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan derajad kebebasan atau degree of freedom (df) dengan ketentuan df = n – k atau DK = 98 – 3 = 95. Dari ketentuan tersebut diperoleh angka thitung > ttabel (3,847 > 1,661), maka H0 ditolak dan H2 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara periklanan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel (46,405 >3,09) dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan (F) dapat disimpulkan bahwa variabel inovasi produk (X1), periklanan (X2) jika uji secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)