PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED
TERHADAP RETURN SAHAM
Kondisi ekonomi sekarang yang telah berubah memberi banyak pengaruh pada
dunia usaha antaranya para investor lebih berhati-hati dalam menanamkan modal
di perusahaan go public. Karenanya investor harus cerdas dalam menganalisis
laporan keuangan perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added dan Market Value
Added terhadap Return Saham pada perusahaan LQ 45.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk pada
perusahaan LQ 45. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive
sampling diperoleh 22 perusahaan berdasarkan kriteria sebagai berikut: 1)
perusahaan LQ 45 yang terdaftar di BEI periode 2012-2016, 2) perusahaan tidak
mengalami delisting dari BEI selama periode penelitian, 3) perusahaan nonperbankan
LQ 45 yang terdaftar di BEI, 4) perusahaan melaporkan laporan
keuangannya dalam mata uang rupiah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel Economic
Value Added dan Market Value Added tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Return Saham. Secara parsial variable Economic Value Added memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil penilitian ini
menunjukkan Economic Value Added memiliki kontribusi kepada investor dalam
mempertimbangkan investasi, sehingga daya tarik investor dalam
memperjualbelikan saham yang berdasarkan Economic Value Added akan
mempengaruhi naiknya harga saham yang berakibat pula pada peningkatan
Return Saham. Secara parsial variabel Market Value Added tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap Return Saham. Hal tersebut menunjukkan bahwa
ekspetasi pasar terhadap perusahaan tersebut masih rendah karena perusahaan
belum mampu meningkatkan kekayaan bagi pemegang saham sehingga berakibat
pula pada penurunan Return Saham.
|