Abstrak  Kembali
PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP RETURN SAHAM Kondisi ekonomi sekarang yang telah berubah memberi banyak pengaruh pada dunia usaha antaranya para investor lebih berhati-hati dalam menanamkan modal di perusahaan go public. Karenanya investor harus cerdas dalam menganalisis laporan keuangan perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Economic Value Added dan Market Value Added terhadap Return Saham pada perusahaan LQ 45. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk pada perusahaan LQ 45. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh 22 perusahaan berdasarkan kriteria sebagai berikut: 1) perusahaan LQ 45 yang terdaftar di BEI periode 2012-2016, 2) perusahaan tidak mengalami delisting dari BEI selama periode penelitian, 3) perusahaan nonperbankan LQ 45 yang terdaftar di BEI, 4) perusahaan melaporkan laporan keuangannya dalam mata uang rupiah. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel Economic Value Added dan Market Value Added tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return Saham. Secara parsial variable Economic Value Added memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil penilitian ini menunjukkan Economic Value Added memiliki kontribusi kepada investor dalam mempertimbangkan investasi, sehingga daya tarik investor dalam memperjualbelikan saham yang berdasarkan Economic Value Added akan mempengaruhi naiknya harga saham yang berakibat pula pada peningkatan Return Saham. Secara parsial variabel Market Value Added tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return Saham. Hal tersebut menunjukkan bahwa ekspetasi pasar terhadap perusahaan tersebut masih rendah karena perusahaan belum mampu meningkatkan kekayaan bagi pemegang saham sehingga berakibat pula pada penurunan Return Saham.