PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM) DAN CURRENT RATIO (CR)
TERHADAP HARGA SAHAM (Pada Industri Food and Beverage Di
Indonesia).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin dan
Current Ratio terhadap Harga Saham baik secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif
Dengan metode ini dejelaskan pengaruh variabel bebas yaitu Net Profit Margin
dan Current Ratio terhadap variabel terikat yaitu Harga Saham. Populasi yang
digunakan dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor
food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 sampai
dengan 2016 yaitu sebanyak 18 perusahaan. Teknik pemilihan sampel dengan
menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan
pertimbangan tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan terdapat 14
perusahan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan
sebanyak 70 data. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi analisis deskripsi
keuangan, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis koefisien
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Net Profit
Margin dan Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.
Penelitian secara parsial variabel Net Profit Margin berpengaruh signifikan
terhadap Harga Saham, sedangkan variabel Current Ratio tidak berpengaruh
signifikan terhadap Harga Saham.
|