PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI
KONSUMEN PRODUK SEPATU OLAHRAGA NIKE DI TOKO
OLAHRAGA SILUNGKANG CEGER TANGERANG SELATAN
dan harga terhadap minat beli konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 98 responden dan data sekunder
yang diperoleh melalui buku-buku atau literatur yang berkaitan dengan penelitian
ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability
sampling dengan metode sampling aksidential. Teknik pengumpulan data
dilakukan melaui penyebaran kuesioner dengan menggunakan pengukuran skala
likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien
korelasi pasrsial, analisis koefisien korelasi berganda dan uji hipotesis. Kemudian
data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah
menggunakan SPSS 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa citra merek
dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Kemudian
secara parsial variabel citra merek berpengaruh positif dan berpengaruh secara
signifikan terhadap minat beli konsumen sedangkan harga berpengaruh positif dan
bepengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Kesimpulan yang dapat
ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel citra merek berpengaruh positif
dan signifikan secara parsial dan berbeda dengan penelitian terdahulu bahwa citra
merek tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli dan variabel
harga dari penelitian ini adalah berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan
terhadap minat beli dan berbanding terbalik dengan penelitian terdahulu bahwa
variabel harga berpengaruh terhadap minat beli tetapi pengaruhnya tidak
signifikan
|