PENGARUH IKLAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI
ASBESTOS PADA PT DJABESMEN GAMBIR JAKARTA PUSAT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan dan harga berpengaruh
secara parsial maupun simultan terhadap minat beli di PT Djabesmen Gambir
Jakarta Pusat.
Dalam penelitian ini digunakan metode survey. Variabel yang diteliti adalah
“Iklan dan Harga” sebagai variabel yang independen dan “Minat Beli” sebagai
variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli
produk asbstos Djabesmen di Gambir Jakarta Pusat. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Teknik Pengolahaan dengan
menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service
Solutions)versi 22.0 dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
uji validitas, uji koefisien korelasi, uji asumsi klasik, analisis koefisien
determinasi dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan hasil Ŷ = 1,186 + 0,372
X1 + 0,173X2 hasil uji t menunjukan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 maka terima
H1 dengan nilai Thitung (3,601 > 1,661) untuk iklan. Untuk harga di dapatkan hasil
uji t dengan tingkat signifikan 0,016 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan
bahwa ada pengaruh signifikan antara variabel iklan dan harga terhadap minat beli.
Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan angka Adjusted Rsquare
0,292 atau sebesar 29,2 dan sisanya 70,8% (100% - 70,8% = 29,2%) dijelaskan
oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
|