Abstrak  Kembali
PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi yaitu untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 yang berjumlah 18 perusahaan. Teknik pemilihan sampel penelitaian ini menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan terdapat 8 perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dengan total pengamatan sebanyak 40 data. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, analisis korelasi berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Likuiditas, Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial variabel Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan variabel Leverage dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.