PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP
MINAT BELI AIR MINUM DALAM KEMASAN 2TANG (STUDI KASUS
PADA MAHASISWA MANAJEMEN FEB UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA TAHUN AKADEMIK 2013
JAKARTA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Citra
Merek terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan 2tang studi kasus pada
Mahasiswa Manajamen FEB Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Tahun Akademik 2013 Jakarta.
Dalam penelitian ini digunakan metode survei, yaitu dengan memilih sampel
dari populasi konsumen dan ingin diketahui dan dijelaskan pengaruh antara 1
(satu) variabel terhadap variabel lain. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari
Kualitas Produk dan citra merek sebagai variabel independen, serta Minat Beli
sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa dan
mahasiswi manajemen Feb Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Tahun Akdemik 2013 Jakarta. Adapun teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental,
Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung variabel X1 yaitu Kualitas
Produk yang diukur berdasarkan thitung 8,149 < ttabel 1,655 dengan nilai signifikan
sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Kualitas Produk secara
parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan H1 diterima, dan nilai
thitung variabel X2 yaitu cita merek yang diukur berdasarkan thitung 1,077 > ttabel
1,655 dengan nilai signifikan sebesar 0,283 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan
bahwa citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan
H2 ditolak, sedangkan uji statistik F menunjukkan bahwa Fhitung838 58, > Ftabel 3,06
dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa
Kualkitas Produk dan Citra Merek secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli dan H3 diterima.
|