PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA JNE EXPRESS AGEN KYAI MAJA
JAKARTA SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana hubungan antara Kualitas
Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Express Agen Kyai
Maja. Terdapat tiga variabel yang diteliti pada penelitian ini, yaitu dua variabel bebas
dan satu variabel terikat. Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan dan Harga
yaitu variabel bebas serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel terikat. Penelitian ini
menggunakan metode survey, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
peninjauan secara langsung pada Pelanggan JNE Express Agen Kyai Maja Jakarta
Selatan, dengan melalui kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
pennelitian ini yaitu data primer, dengan cara meninjau langsung Agen yang menjadi
objek penelitian dan teknik yang digunakan adalah observasi, dan kuesioner. Teknik
Pengelolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, analisis
regresi linear berganda, uji hipotesis, koefesien korelasi (r), dan Determinasi (R2).
Pengolahan data menggunakan software pengolahan data dan statistik yaitu IBM SPSS
Statistic. Berdasarkan analisis regresi berganda menunjukan bahwa Ŷ= 19,189 + 0,049
X1 + 0,129 X2. Hasil Uji f menunjukan tingkat signifikansi (sig) adalah 0,05< 0,145
maka H0 diterima dan H3 ditolak dengan fhitung > ftabel yaitu 1,972 > 3,10, dengan
demikian menyatakan bahwa secara simultan terdapat pengaruh signifikansi Kualitas
pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil koefesien determinasi dalam
penelitian ini menunjukan R Square sebesaar 0,020 atau sebesar 0,02 %
|