Abstrak  Kembali
PENGARUH EKUITAS MERK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM AICE PADA ALFAMART PANGKALAN JATI KOTA DEPOK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merk,Inovasi Produk terhadap keputusan pembelian es krim pada Alfamart Pangkalan Jati. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, yaitu dengan memilih sampel dari populasi konsumen dan ingin diketahui dan dijelaskan pengaruh antara 1 (satu) variabel terhadap variabel lain. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari ekuits merk dan inovasi produk sebagai variabel independen, serta keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang datang membeli es krim AICE di Alfamart Pangkalan Jati tahun 2017. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok dengan sumber data. Untuk menentukan jumlah sampel sangat penting karena mewakili populasi penelitian, Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas data, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Analisis statistik deskriptif diperoleh hasil nilai minimum variabel ekuitas merk sebesar 13, inovasi produk sebesar 14, dan kuputusan pembelian sebesar 14. Nilai maximum variable ekuitas merk sebesar 38, inovasi produk sebesar 30 dan keputusan pembelian sebesar 47. Nilai mean variabel ekuitas mek sebesar 29,83, inovasi produk sebesar 24,56, dan keputusan pembelian sebesar 35,13. Hasil analisis regresi linear berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 31,357 + 0,513 (X1) - 0,496 (X2). Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikoliniearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi liniear berganda telah memenuhi kriteria BLUE (Best, Linear, Unbiased, Estimation) dan layak untuk memprediksi variabel dependen dan hasil uji asumsi klasik. Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Suare sebesar 0,144 artinya variabel independen yaitu kepercayaan dan citra merek mampu menjelaskan variasi variabel dependen yaitu Keputusan pembelian sebesar 13,1%, sedangkan sisanya sebesar 86,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung variabel X1 yaitu Ekuitas Merk yang diukur berdasarkan thitung 3,355 < ttabel 1,978 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 > 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dan H1 diterima, dan nilai thitung variabel X2 yaitu inovasi produk yang diukur berdasarkan thitung 3,355 > ttabel 1,980 dengan nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa inovasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dan H2 ditolak, sedangkan uji statistik F menunjukkan bahwa Fhitung 10,942 > Ftabel 3,07 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Ekuitas Merk dan Inovasi Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan H3 diterima.