PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK CISTIK
DAN KERUPUK BAWANG PADA USAHA KECIL
MENENGAH DI UWI CRISPY JAKARTA SELATAN.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kualitas
produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 90 responden dan
data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku atau literatur yang berkaitan
dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
teknik non probability sampling dengan metode sampling aksidential. Kemudian
data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah
menggunakan SPSS 21.0.(Statistic Product Service Solution).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan harga secara
simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian secara
parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan harga
berpengaruh positif dan bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen.
Analisis koefisien determinasi pada variabel kualitas produk menunjukan nilai R
Square sebesar 0,441 atau 4,41% yang artinya bahwa presentase pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 44,1%.
Sedangkan analisis koefisien determinasi pada variabel harga menunjukan nilai R
Square sebesar 0,183 atau 1,83% yang artinya bahwa presentase pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 18,3%. Sementara untuk
sumbangan presentase secara bersamaan dari variabel kualitas produk dan harga
menunjukan nilai R Square sebesar 0,562 atau 5,62% yang artinya bahwa hasil ini
menunjukan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel independen (kualitas
produk dan harga) terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian Konsumen)
sebesar 5,62%. Sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.
|