Abstrak  Kembali
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH SAKIT ISLAM PONDOK KOPI JAKARTA TIMUR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelangganRumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur. Variabel yang diteliti adalah kualitas pelayanan dan promosi sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat pada pelanggan Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah para pelanggan yang ada di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur. Data penelitian ini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu pelangganpada Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan pengolahan dan analisis data meliputi uji validitas, uji reabilitas, analisi regresi linier barganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi dan koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan danpromosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan kepuasan pelanggan dan promosi berpengaruh terdapat kepuasan pelanggan Rumah Sakit Islam Pondok Kopi Jakarta Timur.