Abstrak  Kembali
ABSTRAK Lilis Ni'matus Sholihah 0134020 051 : PERANAN PERIKLANAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PT. MUSTIKA RATU, Tbk, Skripsi Program Strata Satu. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2006. Peneliltian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan periklanan terhadap omzet penjualan PT. Mustika Ratu, Tbk dan tempat penelitian di Jl.Raya Bogor KM.26,4 Ciracas Jakarta Timur. Variabel yang diteliti adalah variabel independen, yaitu omzet penjualan dan sebagai variabel dependent yaitu jumlah iklan (melalui media televisi) pada PT. Mustika Ratu, Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dan pengumpulan data dengan cara observasi maupun dengan wawancara. Teknik pengolahan dan analisa data menggunakan koefisien korelasi, yaitu untuk mengukur hubungan periklanan melalui media televisi dengan omzet penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara jumlah iklan dengan omzet penjualan cukup kuat dan positif atau bersifat searah antara jumlah periklanan (melalui media televisi) terhadap omzet penjualan sebesar 0,6241. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan iklan per unit mempunyai hubungan yang kuat terhadap kenaikan omzet penjualan. Oleh karena itu disarankan pada PT. Mustika Ratu, Tbk agar tetap mempertahankan kebijakan untuk memasang iklan dalam mempromosikan produknya khususnya periklanan melalui media televisi karena termasuk media yang efektif. Sebagaimana telah dilakukan selama ini dengan jumlah presentase tertentu sambil mengevaluasi peran variabel lainnya seperti keinginan masyarakat. Dengan cara demikian diperkirakan produk-produk yang dipromosikan oleh PT. Mustika Ratu, Tbk akan tetap dapat dipertahankan pangsa pasarnya bahkan ada kemungkinan semakin meningkatnya omzet penjualan.