Abstrak  Kembali
“PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI GUNA MEMENUHI PESANAN PAKAIAN PADA PT SABENA CIPTA”. Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2017. Jakarta. Kata Kunci : Biaya Relevan, Pengambilan Keputusan, Membuat Sendiri atau Membeli Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Biaya Relevan untuk Pengambilan Keputusan Membuat Sendiri atau Membeli Guna Memenuhi Pesanan Pakaian pada PT Sabena Cipta. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kuantitatif dengan 2 (dua) jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan biaya relevan yang dikeluarkan perusahaan jika membuat sendiri lebih besar daripada biaya relevan jika perusahaan membeli dari luar di mana jika perusahaan membuat sendiri maka perusahaan dapat mengeluarkan biaya relevan sebesar Rp 12.791.977.881 untuk tahun 2013 dan Rp Rp 16.029.588.241 untuk tahun 2014, dengan selisih biaya yaitu Rp 263.977.881 dan Rp 967.908.241. Dan data tahun 2015 untuk jogging pants biaya yang dikeluarkan jika membuat sendiri lebih kecil dari membeli dari luar yaitu biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 11.571.480.754, dan perbedaan biaya sebesar Rp ‐1.637.519.246. Berdasarkan hasil di atas peneliti memberikan saran-saran kepada PT Sabena Cipta untuk menerapkan perhitungan biaya relevan, sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan membuat sendiri atau membeli dengan tepat, yang akan meningkatkan laba perusahaan.