“PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEPUTUSAN
INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada
Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”
Skripsi. Program Strata Satu Program Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2017. Jakarta.
Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Price Earning Ratio dan Nilai Perusahaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio, Price
Earning Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan food and beverages
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur food and
beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 14 perusahaan.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 10 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan
pengolahan dan analisis data meliputi analisis manajemen keuangan, analisis
regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji analisis koefisien
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Debt to Equity Ratio tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung -
1.434 < t tabel 1.676 dengan tingkat signifikansi 0.158 > 0.05. (2) price earning
ratio berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dibuktikan dari
nilai t secara t hitung 10.198 > t tabel 1.676, dengan tingkat signifikansi 0.000 <
0.05. (3) secara simultan debt to equity ratio dan price earning ratio berpengaruh
terhadap nilai perusahaan dengan nilai F hitung 52.216 > F tabel 3.183 dengan
tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa debt to equity
ratio dan price earning ratio berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada
perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
|