PENGARUH KEPERCAYAAN DAN CITRA MEREK TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI TOKO
HANDPHONE SAMSUNG FATMAWATI JAKARTA SELATAN.
Skripsi. Program Strata Satu Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2017. Jakarta.
Kata kunci : Kepercayaan, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek
terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Toko Handphone
Samsung Fatmawati Jakarta Selatan.
Dalam penelitian ini digunakan metode survei, yaitu dengan memilih sampel
dari populasi konsumen dan ingin diketahui dan dijelaskan pengaruh antara 1
(satu) variabel terhadap variabel lain. Adapun variabel yang diteliti terdiri dari
kepercayaan dan citra merek sebagai variabel independen, serta keputusan
pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah konsumen
yang datang ke toko handphone samsung fatmawati di wilayah Jakarta Selatan
tahun 2017. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode sampling aksidental,
Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa nilai thitung variabel X1 yaitu
Kepercayaan yang diukur berdasarkan thitung 2,133 < ttabel 1,980 dengan nilai
signifikan sebesar 0,035 > 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Kepercayaan
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian dan H1
diterima, dan nilai thitung variabel X2 yaitu cita merek yang diukur berdasarkan
thitung 1,015 > ttabel 1,980 dengan nilai signifikan sebesar 0,312 < 0,05, maka dapat
diinterpretasikan bahwa citra merek secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan pembelian dan H2 ditolak, sedangkan uji statistik F
menunjukkan bahwa Fhitung 3,468 > Ftabel 3,07 dengan nilai signifikan sebesar
0,034 < 0,05, maka dapat diinterpretasikan bahwa Kepercayaan dan Citra Merek
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan H3
diterima.
|