PENGARUH DESAIN INTERIOR DAN PROMOSI PENJUALAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA WHAT’S
UP CAFE KEBON JERUK RAYA NO 9 JAKARTA BARAT.
Skripsi : Program Strata Satu Program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2017. Jakarta
Kata Kunci : Desain Interior, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laju pertumbuhan perekonomian serta
perubahan teknologi dan arus informasinya pun semakin cepat. Hal ini menjadi
salah satu faktor pendorong terciptanya persaingan ketat di dalam dunia bisnis.
Pasar yang semakin dinamis, mengharuskan para pelaku bisnis untuk secara terusmenerus
berimprovisasi dan berinovasi dalam mempertahankan para
pelanggannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing –
masing variabel,desain interior (X1), promosi penjualan (X2), terhadap keputusan
pembelian konsumen (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 86
orang responden konsumen What’s up Cafe Kebon Jeruk Raya No 9 Jakarta
Barat, dengan mengunakan metode aksidental sampling untuk mengetahui
tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis
kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis
lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk
membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas,
uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan
regresi sebagai berikut : Y = -360 + 0,461 X1 + 0,586 X2
Hasil analisis mendapatkan bahwa variable desain Interior dan promosi penjualan
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel desain interior berpengaruh
positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan variabel promosi
penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel desain interior
dan promosi penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan
pembelian konsumen. Angka Adjusted R square sebesar 0,534 menunjukkan
bahwa 53,4 persen variasi keputusan pembelian konsumen bisa dijelaskan oleh
kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam
penelitian ini.
|