Abstrak  Kembali
PENGARUH EKUITAS MEREK DAN DIFERENSIASI PRODUK ASURANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PT AIA FINANCIAL JAKARTA SELATAN. Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2017. Jakarta. Kata kunci : Ekuitas Merek, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian Konsumen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara ekuitas merek dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 99 responden dan data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku atau literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan metode sampling aksidential. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda dengan diolah menggunakan SPSS 21.0. (Statistic Product Service Solution). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ekuitas merek dan diferensiasi produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian secara parsial variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. sedangkan diferensiasi produk berpengaruh positif dan bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Analisis koefisien determinasi pada variabel ekuitas merek menunjukan nilai R Square sebesar 0,429 atau 4,29% yang artinya bahwa presentase pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 42,9%. Sedangkan analisis koefisien determinasi pada variabel diferensiasi produk menunjukan nilai R Square sebesar 0,207 atau 2,07% yang artinya bahwa presentase pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 20,7%. Sementara untuk sumbangan presentase secara bersamaan dari variabel ekuitas merek dan diferensiasi produk menunjukan nilai R Square sebesar 0,555 atau 5,55% yang artinya bahwa hasil ini menunjukan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel independen (ekuitas merek dan diferensiasi produk) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian konsumen) sebesar 55,5%. Sedangkan sisanya 44,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian ini.