PENGARUH EKUITAS MEREK DAN DIFERENSIASI
PRODUK ASURANSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
KONSUMEN DI PT AIA FINANCIAL JAKARTA SELATAN.
Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2017. Jakarta.
Kata kunci : Ekuitas Merek, Diferensiasi Produk, Keputusan Pembelian
Konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara ekuitas
merek dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan
dari 99 responden dan data sekunder yang diperoleh melalui buku-buku atau
literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan metode sampling
aksidential. Kemudian data diproses menggunakan analisis regresi linier berganda
dengan diolah menggunakan SPSS 21.0. (Statistic Product Service Solution).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ekuitas merek dan diferensiasi produk
secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Kemudian
secara parsial variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. sedangkan diferensiasi
produk berpengaruh positif dan bepengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen.
Analisis koefisien determinasi pada variabel ekuitas merek menunjukan nilai R
Square sebesar 0,429 atau 4,29% yang artinya bahwa presentase pengaruh ekuitas
merek terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 42,9%. Sedangkan
analisis koefisien determinasi pada variabel diferensiasi produk menunjukan nilai
R Square sebesar 0,207 atau 2,07% yang artinya bahwa presentase pengaruh
diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 20,7%.
Sementara untuk sumbangan presentase secara bersamaan dari variabel ekuitas
merek dan diferensiasi produk menunjukan nilai R Square sebesar 0,555 atau
5,55% yang artinya bahwa hasil ini menunjukan bahwa presentase sumbangan
pengaruh variabel independen (ekuitas merek dan diferensiasi produk) terhadap
variabel dependen (keputusan pembelian konsumen) sebesar 55,5%. Sedangkan
sisanya 44,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukan kedalam penelitian ini.
|