Abstrak  Kembali
ABSTRAKSI Gamal Hadinata NPM; 99340205022, Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada PT. Carrefour Indonesia. Skripsi; Jakarta; Program Strata 1. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Perkembangan perusahaan-perusahaan retail saat ini, terutama sekali ritel dengan konsep Hypermarket, secara gradual meningkat dan sangat berpengaruh pertumbuhan ekonomi secara mikro. Hal ini bisa dilihat dengan maraknya kemunculan gerai-gerai baru dari perusahaan lain atau yang baru dibangun ditengah perkotaan dengan konsep One Stop Shopping. Dalam Kaitannya dengan usaha retail ini, Carrefour sebagai perusahaan hypermarket yang cukup terkemuka hadir dengan citra ekonomis tentu ini sangat menguntungkan masyarakat pada umumnya. Disaat yang sama, perusahaan lain juga hadir tentu konsep yang lebih kurang sama, maka tentu persaingan untuk merebut pangsa pasar akan semakin tajam. Disini diperlukan konsep pemasaran yang efektif untuk meningkatkan margin laba dengan cara mempertahankan pangsa pasar produktif yang sudah ada dan menciptakan keterkaitan tinggi guna memperkuat brand positining. Adapun metode yang penulis pakai bersifat eksploratif dengan menganalisis sejauh mana keterkaitan dan hubungannya antara program komunikasi pemasaran dalam membangun interaksi jangka panjang berupa loyalitas konsumen. Dengan mengetahui taraf loyalitas konsumen disadari memang sangat membantu menentukan program komunikasi efektif ditujukan kepada masyarakat yang terpilah-pilah ( demasiff ). Fokus dari penelitian ini ialah dampak dari komunikasi melalui dimensi kognitif, afektif dan behavioral ini juga akan membantu mengetahui perilaku konsumen menuju loyalitas terukur. Metode regresi yang penulis pakai untuk menjelaskan pengaruh dari dimensi dan undikator komunikasi pemasaran efektif untuk menentukan loyalitas konsumen. Untuk membantu penelitian ini penulis memperoleh data melalui kuesioner dan wawancara.