Abstrak  Kembali
ABSTRAK Nursetyana Meniek Dwiyandani NPM: 00340207056 PENGARUH STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK / JASA PERBANKAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK "ABC" CABANG "X" Skripsi, ix halaman, 83 halaman Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi pengembangan produk / jasa perbankan terhadap loyalitas nasabah pada Bank "ABC" Cabang "X". Variabel yang diteliti adalah "strategi pengembangan produk / jasa perbankan" sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah "loyalitas nasabah" pada bank "ABC" Cabang "X". Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pejabat Bank "ABC" Cabang "X" dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yaitu nasabah Bank "ABC" Cabang "X" yang sudah menjadi nasabah lebih dari 5 tahun dan memanfaatkan produk Bank "ABC" minimal 3 produk, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di Bank "ABC" dilengkapi dengan sumber data lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dihitung dengan menggunakan analisa statistik regresi dan korelasi, maka ternyata ada hubungan korelasi positif yang cukup besar antara pengembangan produk / jasa bank dengan loyalitas nasabah. Artinya ada hubungan erat antara kedua variabel tersebut, sehingga apabila variable bebas (strategi pengembangan produk / jasa) ditingkatkan, maka variable terikat (loyalitas nasabah) juga meningkat. Oleh karena itu disarankan, agar nasabahnya menjadi semakin loyal, maka Bank "ABC" Cabang "X" harus meningkatkan kinerja produk terutama jasa atau layanannya dengan menyesuaikan kepada kebutuhan nasabah, karena nasabah sekarang sudah semakin pintar memilih dan selalu mencari bank-bank yang paling banyak memanjakan nasabah dengan fasilitas dan fitur layanan yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi.