Abstrak  Kembali
ABSTRAK Fitri Indriyati, 00340305023, Penerapan Direct Costing dalam Menentukan Harga Jual Produk pada PT. Amigos Restoran, Program Strata Satu, Fakultas Ekonomi, Program Studi/Jurusan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 2004. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga jual produk dengan menggunakan metode Direct Costing. Dalam hal ini untuk menentukan Harga Pokok Produksi dibutuhkan metode Kalkulasi yang tepat, oleh karena itu PT. Amigos Restoran memakai konsep Harga Pokok Langsung atau Direct Costing yang menurut Mulyadi adalah metode penentuan Harga Pokok Produksi yang hanya membebankan biaya produksi variabel saja kedalam Harga Pokok Produk dan dibandingkan antara Metode Direct Costing dangan Full Costing untuk dianalisa guna menentukan metode mana yang akan digunakan sebagai dasar analisa untuk menentukan harga jual produk. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada PT. Amigos Restoran, dimana data-data yang diperlukan berasal dari perusahaan tersebut dan data sekunder didapat dengan kunjungan ke perpustakaan dan bahan-bahan yang diperoleh selama masa perkuliahan yang berhubungan dengan masalah sebagai landasan teori yang nantinya akan dipakai sebagai hasil pembanding dengan hasil penelitian dilapangan. Data dianalisa dengan menggunakan analisa deskriftif, yaitu dengan membandingkan antara teori dengan praktek dilapangan dan selanjutnya dari hasil penelitian dilakukan analisa sesuai dengan metode Direct Costing dan dibandingkan dengan metode Full Costing. Hasil penelitian menunjukkan : (a) Perhitungan laba rugi dengan menggunakan metode Direct Costing akan menghasilkan laba sebesar Rp. 2.195.219.942 sedangkan dengan Full Costing akan menghasilkan laba sebesar Rp. 2.167.619.942, sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 27.600.000. Hal ini disebabkan karena perlakuan biaya dan penyajian perhitungan Harga Pokok Produksi yang bertujuan menyediakan informasi yang lebih relevan dan akurat untuk pengambilan keputusan jangka pendek. (b) Metode Direct Costing dapat membantu pihak manajemen dalam menganalisa mana biaya yang relevan dan mana biaya yang tidak relevan sehingga dapat diambil keputusan yang tepat dalam menentukan harga jual produk.