Abstrak  Kembali
Penelitian ini mempunyai permasalahan yaitu terjadi persaingan antar merek-merek sepatu olahraga yang ada di Indonesia pada Top Brand Index dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan sepatu futsal merek Nike di lapangan futsal 4D. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara langsung, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Pengambilan sampling menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling, sampel dalam penelitian ini adalah mamber tetap lapangan futsal 4D yang memakai sepatu futsal merek Nike sebanyak 104 responden. Waktu penelitian dilakukan pada bulan November – Desember 2016. Teknik pengolahan data menggunakan uji kualitas data, analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan dari hasil pengolahan data, model regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 0,222 + 0,445 X1 + 0,517 X2+ e. Konstanta sebesar 0,222 menunjukkan jika diasumsikan nilai variabel X1 (citra merek (brand image)) dan variabel X2 (kualitas produk) adalah konstanta atau sama dengan nol, maka nilai variabel Y (loyalitas pelanggan) adalah 0,222. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinieritas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa citra merek (brand image) dan loyalitas pelanggan memiliki korelasi positif dengan tingkat hubungan sebesar 0,839 (sangat kuat). Kualitas produk dan loyalitas pelanggan memiliki korelasi positif dengan tingkat hubungan sebesar 0,854 (sangat kuat). Hasil pengolahan data uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel citra merek (brand image) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan citra merek (brand image) dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 84,8%. Ini menunjukkan bahwa citra merek (brand image) dan kualitas produk mampu mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 84,8%, sedangkan sisanya 15,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek (brand image) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian citra merek (brand image) dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu, disarankan kepada perusahaan Nike, Inc untuk menjaga nama baik merek perusahaannya dan lebih meningkatkan kualitas produknya agar para pelanggan tetap setia menggunakan produk-produk perusahaan. Memiliki pelanggan yang setia lebih baik dibandingkan mencari pelanggan yang baru.