Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit POLRI Kramat Jati Jakarta Timur. Variabel yang diteliti adalah Kualitas Pelayanan sebagai variabel independen dan Kepuasan Pasien sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit POLRI Kramat Jati Jakarta Timur dengan jumlah sampel sebanyak 98 pasien. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling dengan pengambilan sampel secara AccidentalSampling. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasil Ŷ = 0,483 + 0,884X. Hasil analisis Koefisien Korelasi sebesar 0,907 yang berarti antar variabel memiliki hubungan yang sangat kuat. Hasil Koefisien Determinasi menunjukan angka sebesar 0,821 atau 82,1% variabel Kepuasan Pasien dapat dijelaskan melalui dari faktor – faktor Kualitas Pelayanan yang diberikan. Hasil uji hipotesis menunjukan nilai thitung> t tabel (21,118 > 1,9849) dan nilai Fhitung > Ftabel (445,966 > 3,94) dengan angka signifikan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit POLRI Kramat Jati Jakarta Timur.