Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk keramik di PT Mulia Keramik Indahraya. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengumpulkan data secara langsung, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Pengambilan sampling menggunakan non-probability sampling dengan metode sampling aksidental, sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk keramik di daerah Kabupaten dan Kota Bekasi Jawa Barat sebanyak 92 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 22.0 yang mampu menjelaskan bahwa H0 di tolak yang berarti variabel desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Thitung sebesar 4.679 > Ttabel 1.9844 dengan signifikansi 0.000 < 0.05, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu H0 di tolak dengan nilai Thitung sebesar 2.469 > Ttabel 1.9844 dengan signifikansi 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa variasi variabel independen yaitu desain produk dan promosi mampu menjelaskan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Nilai adjusted R2 variabel desain produk dan promosi sebesar 0.243 atau 24.3% yang artinya bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh desain produk dan promosi sebasar 24.3% dan 75.7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti saluran distribusi, strategi penetapan harga, word of mouth (WOM) dan lain sebagainya. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran-saran kepada perusahaan agar lebih meningkatkan variasi desain produk yang dikeluarkan, karena apabila variasi desain produk yang dikeluarkan perusahaan lebih ditingkatkan, maka dapat meningkatkan keputusan pembelian dan penjualan terhadap produk keramik PT Mulia Keramik Indahraya, dan dalam memberikan promosi baik melalui media cetak ataupun elektronik sebaiknya perusahaan harus lebih teliti melihat pangsa pasar yang dituju dalam promosi tersebut, karena pengaruh desain produk lebih besar dibandingkan pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk keramik pada PT Mulia Keramik Indahraya di Cibitung Bekasi.