Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dalam menggunakan kereta api JAYABAYA di PT Kereta Api Indonesia (DAOP1). Variabel yang diteliti adalah Kualitas Pelayanan sebagai variabel bebas dan loyalitas sebagai variabel terikat di PT Kereta Api Indonesia (DAOP1). Populasi penelitian ini adalah pengguna kereta api JAYABAYA. Data penelitian ini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sampel sebanyak 169 responden. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dengan bantuan SPSS 24.0. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik incidental sampling yaitu pengguna kereta api JAYABAYA. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasilŶ = 22.250 + 0.521X, hasil uji t menunjukan nilai t hit 6.305 > t tabel 1.66023 maka tolak H dan terima H1 sedangkan angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dengan demikian dapat dinyatakan ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Hasil analisis koefisien korelasi antara kualitas pelayanan dengan loyalitas memiliki hubungan positif dan sedang dengan nilai korelasi sebesar 0.533 Berdasarkan kesimpulan diatas diharapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dapat diberikan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan hal- hal yang dianggap mempengaruhi loyalitas.