Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi dan kepuasan konsumen secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah PT. Pegadaian. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara langsung, berupa penyebaran kuesioner yang diambil dari suatu sampel. Pengambilan sampling menggunakan non-probability sampling dengan metode accidental sampling, sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan PT. Pegadaian sebanyak 92 responden. Berdasarkan dari hasil pengolahan data, model regresi linier berganda penelitian ini adalah Ŷ = 1,148 + 0,350 X1 + 0,368 X2kemudian hasil pengolahan data uji t dapat dilihat bauran promosi diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan nilai thitung = 4,344>1,986 dari ttabel kemudian kepuasan konsumen diperoleh nilai signifikansi 0,000 <0,05 dengan nilai thitung = 4,255 >1,986 dari ttabel. Serta hasil dari uji F maka terdapat nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan nilai Fhitung = 20,862>3,10 dari Ftabel.Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah, dan kepuasan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Kemudian bauran promosi dan kepuasan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah.