Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karywan di PT Pos Indonesia Cabang Jakarta Timur. Dalam penelitian inimenggunakan metode survei, dengan variabel yang diteliti yaitu Motivasi, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Pos Indonesia Cabang Jakarta Timur yang berjumlah 91 karyawan. Sampel penelitian ini berjumlah 71 karyawan, dengan teknik pengambilan convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner meliputi kuesioner Motivasi, kuesioner Stres Kerja dan kuesioner Kepuasan Kerja karyawan. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 20 dan teknik analisis data meliputi Uji Kualitas Instrumen (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Nilai Minimum, Maksimum, Rata-rata dan Standar Deviasi Masing-masing Variabel), Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda (Model Regresi Linier Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, Analisis Koefisien Korelasi, Uji Statistik F, dan Uji Statistik t). Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan Adjusted adalah 0.978, sehingga 97.8% variasi Kepuasan Kerja Karyawan dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu Motivasi dan Kepuasan Kerja, sedangkan sisanya (100% - 97.8% = 2.2%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model. Hasil analisis koefisien korelasi berganda menunjukkan bahwa Motivasi dan Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja karyawan sebesar 0.989 dengan signifikan 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, sangat kuat, dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Motivasi dan Kepuasan Kerja karyawan sebesar 0.984 dengan signifikan 0.000 < 0.05, berarti terdapat hubungan positif, sangat kuat dan signifikan. Hasil analisis koefisien korelasi parsial antara Stres Kerja dan Kepuasan Kerjakaryawan sebesar 0.869 dengan signifikan 0.000< 0.05, berarti terdapat hubungan positif, sangat kuat, dan signifikan. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 1660.659 > Ftabel (2;71) = 3.17 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05, sehingga Motivasi dan Stres Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerjakaryawan, dengan demikian H3 diterima. Nilai thitung Motivasi sebesar 47.064> ( : 71) = 1.66660 dan nilai signifikansi Motivasi 0.00 0.05, sehingga Motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja karyawan, dan H1 diterima. Nilai thitung Stres Kerja sebesar 14.833 > ( : 71) = 1.66660 dan signifikansi 0.000< 0.05, sehingga Stres Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, dan H2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh baik Motivasi maupun Stres Kerja adalah berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT Pos Indonesia Cabang Jakarta Timur, sehingga perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan Motivasi menaikan Kepuasan Kerja Karyawan.