Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap cash conversion cycle (CCC). Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi, dengan variabel yang diteliti yaitu profitabilitas yang diproksi oleh return on assets (ROA), ukuran perusahaan, dan cash conversion cycle (CCC). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan manufaktur sub sektor otomotif & komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015 yang berjumlah 13 perusahaan. Sampel penelitian ini ini berjumlah 6 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel judgment sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumen. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 23 dan teknik analisis data meliputi Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda (Model Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis), Analisis Koefisien Korelasi dan Analisis Koefisien Determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel profitabilitas yang diproksi oleh return on assets (ROA) secara parsial berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap cash conversion cycle (CCC) karena tingkat signifikansi sebesar 0,503 > 0,05. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cash conversion cycle (CCC) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksi oleh return on assets (ROA) dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap cash conversion cycle (CCC) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil total adjusted R Square menunjukkan bahwa ada pengaruh antara profitabilitas yang diproksi oleh return on assets (ROA) dan ukuran perusahaan terhadap cash conversion cycle (CCC), yaitu sebesar 28,5%selebihnya 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan kepada para investor yang akan berinvestasi disuatu perusahaan perlu mempertimbangkan cash conversion cycle (CCC) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.