Abstrak  Kembali
MAYLINA, 00340305039, ANALISIS HUBUNGAN BIAYA-VOLUME-LABA DALAM PERENCANAAN LABA PADA CV. CITRA SALAM ABADI, SKRIPSI, STRATA-1, PROGRAM STUDI AKUNTANSI, FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA, TAHUN 2004 Permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah tentang penentuaan penjualan minimum, dimana perusahaan tidak mengalami kerugiaan/keuntungan serta untuk merencanakan laba pada tahun yang akan datang. Dengan memperhatikan uraian tersebut diatas, penulis menentukan masalah yang menitik beratkan pada bagaimana analisis break even point dapat merealisasikan laba yang diharapkan perusahaan. Penelitiaan yang dilaksanakan di CV. Citra Salam Abadi berlangsung selama satu minggu mulai tanggal 23 Agustus 2004 sampai dengan 27 Agustus 2004. CV. Citra Salam Abadi bergerak dalam bidang periklanan, didirikan bulan Januari 1991 di Bogor oleh beberapa praktisi iklan berpengalaman. Dalam kegiatannya CV. Salam Abadi menerapkan system struktur organisasi garis, di mana dalam organisasi tersebut wewenang perusahaan mengalir dari atas ke bawah tanpa dibatasi oleh fungsi-fungsi tertentu. Penelitian tentang Analisis Break Even Point ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif (studi kasus). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan telaah dokumen yang meliputi : obsevasi; wawancara; observasi khusus, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perusahaan, yaitu CV. Citra Salam Abadi, Bogor tidak menerapkan analisis Break Even Point dalam kegiatan produksinya. Berdasarkan analisis dan pembahasan, hal ini disebabkan perusahaan tidak memisahkan biaya-biaya yang terjadi pada kegiatan produksi menjadi 2 Bagian besar biaya, yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Dengan demikian perusahaan tentunya mengalami kesulitan dalam perhitungan dan perealisasian laba yang diharapkan