Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, iklan dan
persepsi harga terhadap minat beli konsumen pada produk Energen Minuman
Sereal di Alfamart Cempaka Baru V Kemayoran Jakarta Pusat.
Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Variabel yang diteliti
adalah “Kualitas Produk, Iklan dan Harga” sebagai variabel independen dan
“Minat Beli” sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah
konsumen yang membeli produk Energen Minuman Sereal di Alfamart Cempaka
Baru V Kemayoran Jakarta Pusat. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah
dengan menyebarkan kuesioner. Teknik pengolahan dengan menggunakan
bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 21.0, dan
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji
reliabilitas, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis
koefisien korelasi, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi dan uji
hipotesis.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan hasil Ŷ = -12,680 +
0,369 X1 + 0,255 X2 + 0,506 X3 +e, hasil uji t menunjukan tingkat signifikan
0,001<0,05, maka terima H1 dengan nilai Thitung 3,477 > Ttabel 1,658 untuk Kualitas
Produk. Untuk Harga Iklan didapatkan hasil uji t dengan tingkat signifikan
0,019<0,05 maka terima H2 dengan nilai Thitung 2,374 > Ttabel 1,658. Dan untuk
Harga didapatkan hasil uji t dengan tingkat signifikan 0,02<0,05 maka terima H3
dengan nilai Thitung 3,159 > Ttabel 1,658. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas produk, iklan dan harga terhadap
minat beli. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan angka
Adjusted Rsquare 0,310 atau sebesar 31% dan sisanya 69% (100%-69%=31%)
dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian.
|