Abstrak  Kembali
ABSTRAK: Fitria Agustina. Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Sepatu Bata Tbk. Program Study S-1 Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Jakarta 2002. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan produk dengan peningkatan volume penjualan untuk produk sepatu merk Marie Claire di PT. Sepatu Bata Tbk. Variabel yang diteliti adalah 'Pengembangan produk sepatu merk Marie Claire sebagai variabel bebas (prediktor) dan variabel terikatnya (dependent = respons) adalah peningkatan volume penjualan' di PT. Sepatu Bata Tbk dalam jangka waktu tertentu. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan para petugas atau pimpinan dengan unit perusahaan terikat, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan di PT. Sepatu Bata Tbk tersebut dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan analisa regresi - korelasi, maka ternyata ada hubungan korelasi positif antara pengembangan produk sepatu merk Marie Claire tersebut dengan peningkatan volume penjualan produk sepatu Marie Claire pada PT. Sepatu Bata Tbk, artinya ada hubungan erat antara kedua variabel tersebut sehingga apabila variabel bebas (pengembangan produk) dalam pelaksanaannya optimal ataupun tidak akan terlihat pada peningkatan volume enjualan yang juga optimal ataupun tidak optimal. Dan pada kenyataannya adalah bahwa pelaksanaan pengembangan produk ini sangat optimal dengan terlihat pada hasil perhitungan antara biaya pengembangan produk dan hasil dari volume penjualan, dari tahun 1996 sampai dengan tahun 2000 sebesar 0,99 (99%) atau dengan kata lain dengan menggunakan koefisien determinasi dihasilkan peningkatan sebesar 98 %. Oleh karena itu disarankan pada PT.Sepatu Bata Tbk agar tetap mempertahankan-kebijakan untuk mengoptimalkan pengembangan produk khususnya produk sepatu merk Marie Claire, sebagaimana telah dilakukan selama ini, dan tentunya saja tanpa mengabaikan peran variabel lainnya seperti selera masyarakat, dan produk saingan dan harga yang berlaku. Dengan cara demikian diperkirakan produk sepatu khususnya merk Marie Claire akan tetap dapat dipertahankan pangsa pasarnya bahkan ada kemungkinan untuk dipertahankan.