Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Teh Botol Sosro Di Food Court Depok Town Square. Dalam penelitian ini digunakan metode survei. Variabel yang diteliti adalah “ Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan ” sebagai variabel Independen dan “ Loyalitas Pelanggan ” sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsumen Teh Botol Sosro di Food Court Depok Town Square. Teknik Sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling. Jumlah Sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 responden. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus-November 2016. Teknik Pengumpulan data menggunakan Kuisioner. Teknik Pengolahan dan analisis data meliputi Uji Kualitas Data, Analisis Manajemen Pemasaran, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Analisis Koefisien Determinasi. Hasil Analisis Manajemen Pemasaran yaitu Variabel Loyalitas Pelanggan (Y) dengan jumlah sampel (n) sebanyak 91 mendapat hasil rata-rata (mean) sebesar 3,27 dengan standar deviasi 70,21 %. Variabel Kualitas Produk (X1) dengan jumlah sampel (n) sebanyak 91 mendapat hasil rata-rata (mean) sebesar 3,21 dengan nilai standar deviasi 60,96 %. Variabel Kepuasan Pelanggan (X2) dengan jumlah sampel (n) sebanyak 91 mendapat hasil rata-rata (mean) sebesar 3,47 dengan standar deviasi 64,49 %. Hasil model regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Ŷ = 0,165 + 0,668 X1 +0,279 X2. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak ada autokorelasi positif dan negatif, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa model regresi dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Square) merupakan BLUE (Best Linier Unbiased Estimastor). Dengan demikian variabel Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan dapat digunkan untuk memprediksi Variabel Loyalitas Pelanggan. Hasil uji statistik t variabel X1 Kualitas Produk menunjukkan t-hitung 7,281 > t () dan nilai signifikansi variabel Kualitas Produk 0,000 < 0,05, hal ini berarti bahwa variabel Kualitas Produk secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap variabel dependen (Loyalitas Pelanggan), dan H1 diterima. Sementara nilai t-hitung variabel X2 Kepuasan Pelanggan menunjukan t-hitung 3,215 > t ( ) dan nilai signifikansi variabel Kepuasan Pelanggan 0,002 < 0,05, hal ini berarti bahwa variabel Kepuasan Pelanggan secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap variabel dependen ( Loyalitas Pelanggan), dan H2 diterima. Hasil uji F, variabel X1 (Kualitas Produk), X2 (Kepuasan Pelanggan) dan (Loyalitas Pelanggan) memiliki nilai 42,602 > F 0,05 (2,88) = 3,10 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, hal ini berarti bahwa semua variabel independen yaitu Kualitas Produk (X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) secara simultan berpengaruh signifikansi terhadap variabel dependen Loyalitas Pelanggan (Y), dengan demikian H3 diterima. Hasil Analisis Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R2 adalah 0,480 atau 48 %, Oleh sebab itu, disarankan kepada PT. Sinar Sosro untu dapat mempertahankan hubungan kepada pelanggan, agar pelanggan tetap memiliki loyalitas kepada produsen. Memiliki pelanggan yang loyal akan lebih baik dibandingkan dengan mencari pelanggan baru.