PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KERAGAMAN PRODUK
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KAFE EAT
HAPPENS FOOD PLACE TEBET JAKARTA SELATAN
Skripsi. Progran Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Muhammadiyyah Prof. DR. HAMKA. 2016. Jakarta.
Kata kunci: Store Atmosphere, Keragaman Produk, dan Keputusan Pembelian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen Kafe Eat Happens Food Place Tebet Jakarta Selatan. Data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner, diolah dengan bantuan SPSS 20.0. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung Kafe Eat Happens Food Place Tebet Jakarta Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 91 responden dengan menggunakan metode sampling accidental.
Hasil dalam penelitian ini, berdasarkan analsis data statistik, indikator –
indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas dari multikolonieritas, tidak terjadi
heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Analisis regresi linier berganda diperoleh hasil Ŷ = 6,974 + 0,481 X1 + 0,395 X2 + e. Hasil uji f pada variabel store atmosphere, keragaman produk dan keputusan pembelian memiliki hasil fhitung sebesar 39,8550 > ftabel sebesar 3,10 dengan nilai siginifikan 0,000 <0,05 maka tolak H0, yang artinya variabel store atmosphere, keragaman produk secara statistik berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara
simultan. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka adjusted R square sebesar 0,463 yang artinya keputusan pembelian dipengaruhi oleh store atmosphere dan keragaman produk sebesar 46,3% dan sisanya 53,7% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti seperti variabel kualitas pelayanan, penetapan harga dan sebagainya.
Berdasarkan kesimpulan diatas diharapkan pihak Kafe Eat Happens dapat meningkatkan store atmosphere, seperti lebih memperhatikan bagian dalam toko dan tata letak toko. Pada keragaman produk hendaknya pihak Kafe meningkatkan inovasi produk, sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian
|