Abstrak  Kembali
ABSTRAK Laila Latifah 0402025032 : ANALISIS PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT. UNI ALLOYINDO PRIMA. Skripsi Program Starta Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2008. Iklim dunia usaha dewasa ini tidak terlepas dari barbagai macam masalah yang harus dipecahkan dengan tepat dan berorientasi kedepan. Hal ini menuntut manajemen sebagai pengambil keputusan yang terbaik bagi perusahaan. Salah satu masalah yang dihadapi manajemen adalah masalah pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Untuk dapat mengambil keputusan yang baik dan tepat dalam menghadapi masalah pesanan khusus, manajemen perusahaan dapat menganalisis masalah tersebut dengan menggunakan pendekatan biaya relevan. Sesuai dengan tujuannya, Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis dengan menggunakan pendekatan biaya relevan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada PT. Uni Alloyindo Prima. Dalam menganalisis menggunakan pendekatan biaya relevan, manajemen memerlukan informasi-informasi yang relevan khususnya informasi biaya yang relevan dalam pengambilan keputusan. Biaya relevan dapat diartikan sebagai biaya masa depan yang berada diantara berbagai alternatif yang ada. Pada skripsi ini penulis menggambarkan bagaimana penerapan biaya relevan dalam pengambilan keputusan pada PT. Uni Alloyindo Prima. Berdasarkan hasil perhitungan harga pokok produksi perusahaan dan biaya relevan yang dikeluarkan perusahaan bila perusahaan menerima pesanan khusus tersebut, serta harga penawaran pesanan khusus yang diberikan, dapat disimpulakan bahwa harga pesanan khusus yang ditawarkan lebih kecil dibandingkan dengan harga pokok produksi barang tersebut, namun untuk memproduksi pesanan kusus lebih kecil dibandingkan harga pesanan khusus yang ditawarkan. Dapat disimpulkan, apabila pesanan khusus diterima, maka perusahaan akan mendapatkan tambahan laba dari selisih antara harga pesanan khusus yang ditawarkan dengan biaya relevan yang dikeluarkan perusahaan apabila perusahaan menerima pesanan khusus tersebut.