Abstrak  Kembali
ABSTRAK Yulia Tri Haryati 0402015067 : PENGARUH LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PT MAYORA INDAH, TBK, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan Hubungan leverage terhadap earning per share pada PT Mayora Indah, Tbk. Variabel yang diteliti adalah leverage sebagai variabel bebas ( predictor) dan variabel terikatnya ( dependent ) adalah earning per share pada PT Mayora Indah, Tbk. Data yang digunakan adalah laporan laba rugi pada PT Mayora Indah, Tbk yang diperoleh melalui Pusat Referensi Pasar Modal ( PRPM ) Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa nilai persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 86,963 + 6,878X. Nilai konstanta sebesar 86,963 artinya jika leverage 0 maka potensi earning per share Rp 86,9 per lembar saham. Koifisien regresi sebesar 6,878 artinya jika leverage naik 1 kali, maka earning per share naik 1 X yaitu Rp. 6,87 per lembar saham. Berdasarkan persamaan regresi tersebut tingkat signifikansi yang diperoleh adalah 0,408 > 0.05 pada taraf nyata ∝ = 0,05, maka hal tersebut menunjukkan Ho diterima dan H1 ditolak, maka pengaruh leverage terhadap earning per share tidak bermakna dan dapat diabaikan. Koifisien korelasi antara leverage dengan earning per share yang dihasilkan adalah r = 0,485 sedang dan searah. Jika leverage naik, maka earning per share juga akan naik, dan jika leverage turun maka earning per share juga mengalami penurunan. Sedangkan hasil dari analisis koefesien determinasi adalah sebesar 0,235 atau 23,5%, artinya besar kontribusi leverage terhadap earning per share adalah sebesar 23,5% dan sisanya sebesar 76,5% disebabkan oleh faktor lain. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, disarankan agar PT Mayora Indah, Tbk tidak menggunakan hutang dalam melakukan pendanaan perusahaan, dan pihak manajemen harus dapat memberikan keputusan pendanaan yang baik. Hal tersebut mungkin dapat meningkatkan earning per share yang diperoleh pemegang saham, juga untuk meningkatkan kualitas perusahaan sehingga dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan lain.