Abstrak  Kembali
ABSTRAK Linda Octaviani 0402015028 : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR IM3 INDOSAT PADA MAHASISWA FISIP UHAMKA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar IM3 Indosat Pada Mahasiswa FISIP UHAMKA. Variabel yang diteliti adalah “Kualitas Pelayanan” sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel terikatnya (dependent=respons) adalah “Kepuasan Pelanggan” pada Mahasiswa FISIP UHAMKA dalam jangka waktu tertentu. Data Primer diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner kepada mahasiswa FISIP UHAMKA yang menggunakan kartu prabayar IM3 Indosat, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan data pustaka lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan alat hitung statistik yaitu regresi sederhana dan menggunakan pengolahan data SPSS versi 13, maka ternyata terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan IM3 Indosat pada mahasiswa FISIP UHAMKA. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan angka R sebesar 0,806 yang menunjukan bahwa hubungan atau korelasi antara kepuasan pelanggan (Y) dengan kualitas pelayanan (X) adalah sangat kuat karena diatas nilai 0,5. sedangkan R square adalah 0,649 artinya bahwa kontribusi variabel kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 65%, sedangkan sisanya (100% - 65% = 35%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar kualitas pelayanan. Oleh karena itu disarankan agar pelaksanaan kualitas pelayanan kartu prabayar IM3 Indosat agar tetap memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan serta melakukan pengamatan lebih intensif kepada karyawan untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan selama ini dengan mengevaluasi peran variabel lainnya seperti memberikan sesuatu yang berbeda dari pesaing yang lain. Dengan cara demikian diperkirakan kartu prabayar IM3 Indosat akan tetap dipertahankan dan ada kemungkinan untuk ditingkatkan.