Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ma’ruf 0402015029 : PERANAN PROMOSI PENJUALAN PRODUK IM3 DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. INDOSAT,Tbk AREA JAKARTA SELATAN, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan promosi penjualan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan untuk produk IM3 di PT. Indosat Variabel yang diteliti adalah “promosi penjualan” sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel terikatnya (dependent=respons) adalah loyalitas pelanggan pada PT. Indosat, Tbk area Jakarta Selatan. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada para pengguna kartu IM3 khususnya para pelajar di empat SMU yang berada di Jakarta Selatan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan pada PT. Indosat Tbk dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan koefisien korelasi dan koefisien determinasi, maka ternyata ada hubungan yang cukup antara promosi penjualan produk IM3 dengan loyalitas pelanggan PT. Indosat,Tbk area Jakarta Selatan dengan koefisien determinasinya sebesar 30,03%. Artinya terdapat peranan promosi penjualan di dalam menigkatkan loyalitas pelanggan sebesar 30,03% sedangkan sisanya 69,07 % disebabkan oleh faktor lain di luar promosi penjualan. Oleh karena itu disarankan PT. Indosat, Tbk sebaiknya menciptakan program-program yang lebih menarik lagi supaya para pelanggannya tetap setia/loyal dan tidak berpindah ke operator lain. Dalam kegiatan promosi yang dilakukan,sebaiknya tim promosi memberikan merchandise atau souvenir kepada pelanggan IM3, karena cara ini juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.