Abstrak  Kembali
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN FILA SPORT “PT. POLYFILATEX” CABANG PLUIT VILLAGE Skripsi, program strata Satu Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA. 2012. Jakarta Kata kunci : Citra Merek dan Keputusan Pembelian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada konsumen fila sport cabang pluit village. Penelitian ini, penulis menggunakan metodo survey, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara peninjauan secara langsung pada konsumen Fila sport dengan melalui kuesioner. Tempat penelitian yang diambil penulis adalah Showroom Pluit Village. Adapun waktu penelitian selama 1 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer, dengan cara meninjau langsung konsumen yang menjadi objek penelitian dan teknik yang digunakan adalah : observasi, kuesioner, wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, analisis regresi linier sederhana, uji T, uji F, uji hipotesis, koefisien korelasi (r) dan determinasi (R²). Pengolahan data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu SPSS 17.00 for windows. Dari tabel hasil uji validitas memperlihatkan nilai r hitung setiap indikator variabel keputusan pembelian dan citra merek lebih besar dibanding nilai r tabel. Dengan demikian kuesioner yang digunakan pada masing-masing variabel citra merek dan keputusan keputusan pembelian dinyatakan valid untuk digunakan sebagai alat ukur variabel. Nilai cronbach’s alpha semua variabel lebih besar dari 0,21 sehingga dapat disimpulkan indikator atau kuesioner yang digunakan variabel citra merek dan keputusan pembelian, semua dinyatakan handal atau dapat dipercaya sebagai alat ukur variabel. Dari hasil koefisien korelasi pada tabel 37 dapat disimpulkan bahwa adanya hasil koefisien korelasi antara citra merek(X) terhadap keputusan(Y) pembelian sebesar0,857, angka tersebut dapat diartikan bahwa antara citra merek dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat. Sifat hubungan citra merek dengan keputusan pembelian adalah 0,000. Artinya, 0,000<0,005 menunjukan adanya korelasi antara kedua varibel yang signifikan. Berdasarkan tabel 39 nilai koefisien determinasi r² = 0,735 atau sebesar 73,5%, artinya 73,5% variasi atau perubahan pada keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel citra merek, sementara 26,5% sisanya merupakan kontribusi faktor-faktor lain selain citra merek. Persamaan Regresi yang diperoleh Ŷ= 0,146+1,034X.. Konstanta sebesar 0,146. Menyatakan bahwa jika kualitas pelayanan diabaikan, maka kepuasan pelanggan akan mendapat 0,146. Sedangkan koefisien regresi sebesar 1,034 artinya jika indikator kualitas pelayanan dinaikan 1 point, maka diperkirakan kepuasan pelanggan meningkat menjadi 1,034 point, dan sebaliknya.