Abstrak  Kembali
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA JASA KERETA API EKSEKUTIF ARGO SINDORO. Skripsi Program Strata Satu, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa kereta api eksekutif argo sindoro. Jurusan Jakarta-Semarang. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi, Variabel yang diteliti yaitu variabel terikatnya keputusan penggunaan jasa kereta api dan variabel bebasnya adalah kualitas pelayanan. Sample penelitian yang dipilih dari populasi pengguna jasa kereta api eksekutif argo sindoro di statiun Gambir- Jakarta. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan untuk para konsumen yaitu berjumlah 50 orang dan dilengkapi dengan sumber data lainnya. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Di samping itu dilakukan analisis koefisien determinasi dan koefisien korelasi. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Ŷ = 4,274 + 0,381X. Konstanta sebesar 4,274 menyatakan bahwa jika kualitas pelayanan memiliki skor 0, maka potensi skor keputusan pembelian sebesar 4,274. Koefisien regresi 0,381 menyatakan bahwa setiap 1 skor kenaikan atau penurunan kualitas pelayanan maka akan menaikkan atau menurunkan keputusan pembelian sebesar 0,381 skor. Uji parameter koefisien regresi dengan uji F dan uji t menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,01. Hal ini berarti pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sangat signifikan pada taraf nyata α = 0,01. Nilai koefisien determinasinya (r2) sebesar 0,372 mengindikasikan variasi dari variabel kualitas pelayanan menjelaskan keputusan pembelian sebesar 37,2%, sedangkan sisanya 62,8% dijelaskan faktor lain. Koefisien korelasi sebesar 0,610 menunjukkan bahwa korelasi antara kualitas pelayanan dan keputusan pembelian kuat dan positif. Oleh karena itu, disarankan kualitas pelayanan kereta api eksekutif argo sindoro di PT.Kereta Api Indonesia (persero) daop 1 lebih ditingkatkan. Agar keputusan pembelian pun meningkat.