Abstrak  Kembali
ABSTRAK Adi Norman Sasono, 9834020002 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STARBUCKS COFFEE THAMRIN JAKARTA, Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta 2008.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Starbucks Coffee Thamrin Jakarta. Variabel yang diteliti adalah : kualitas pelayanan sebagai variabel bebas (predictor) dan variabel loyalitas pelanggan merupakan variabel terikat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian merupakan data primer karena proses pengumpulannya diperoleh dengan menggunakan kuesioner (instrumen penelitian), baik untuk variabel bebas maupun variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei karena data yang dikumpulkan berupa data primer yang dikumpulkan secara langsung dari pelanggan Starbucks Coffee Cabang Thamrin Jakarta. Populasi penelitian adalah seluruh pengunjung Starbucks Coffee selama bulan April 2008 dengan asumsi sebanyak 300 orang perhari, dengan jumlah sampel sebanyak 300 orang berdasarkan metode pengambilan Sampel Acak sederhana (Simple Random Sampling) yang diperkirakan 10 % dari jumlah pengunjung Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah dihitung dengan menggunakan koefisien regresi maupun korelasi, maka terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Starbucks Coffee Thamrin Jakarta sebesar 50,3 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar kualitas pelayanan. Oleh karena itu disarankan pihak perusahaan harus memperbaiki kualitas pelayanan kepada para pelanggannya, melalui strategi relasional atau menciptakan jaringan komunikasi yang harmonis antara pihak perusahaan dengan pelanggannya, agar loyalitas pelanggan dapat tercapai secara optimal serta dampaknya untuk bisnis perusahaan akan terjamin secara berkesinambungan.