Abstrak  Kembali
“PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)”. Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2015. Jakarta. Kata Kunci: Biaya Produksi, Promosi, Distribusi, dan Hasil Penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap hasil penjualan pada perusahaan manufaktur sub sektor semen di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, yaitu untuk mengetahui atau menjelaskan pengaruh antara variabel satu terhadap variabel lain. Variabel yang diteliti adalah variabel X yaitu biaya produksi, promosi, dan distribusi, sedangkan variabel Y adalah hasil penjualan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Ŷ = 0,195 + 0,770 X1 + 17,281 X2 + 5,530 X3 yang telah diuji kelayakkan asumsi normalitas berdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak terjadi autokorelasi, maka model regresi BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai thitung sebesar 4,819 > ttabel 2,200 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Variabel biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai thitung sebesar 5,404 > ttabel 2,200 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian variabel biaya distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai thitung sebesar 11,714 > ttabel 2,200 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) ketiga variabel independen tersebut yaitu biaya produksi, promosi, dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap hasil penjualan dengan nilai uji Fhitung = 459,192 > F0,05 (3;11) = 3,71 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis Adjusted R Square menunjukkan bahwa pengaruh antara biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap hasil penjualan, yaitu sebesar 99,0% dan sisanya sebesar 1% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti gaji karyawan bagian pemasaran. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran-saran kepada perusahaan agar lebih meningkatkan biaya produksi yang dikeluarkan, karena apabila biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan lebih ditingkatkan, maka dapat menghasilkan hasil penjualan yang tinggi. Dan dalam menetapkan biaya promosi dan biaya distribusi sebaiknya perusahaan harus lebih mengalokasikan secara efisien dan objektif untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, karena biaya promosi untuk industri semen tidak terlalu berpengaruh besar terhadap hasil penjualan.