Abstrak  Kembali
PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN BIAYA ADMINISTRASI & UMUM TERHADAP NET PROFIT MARGIN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Skripsi. Program Strata Satu Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2015. Jakarta. Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi, Biaya Administrasi & Umum, Net Profit Margin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum terhadap Net Profit Margin. Dalam penelitian ini digunakan metode eksplanasi. Adapun variabel yang diteliti adalah biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum sebagai variabel independen dan Net Profit Margin sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan judgment sampling. Sampel yang digunakan adalah 6 (enam) perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode telaah dokumen yaitu menelaah laporan keuangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 dan diperoleh persamaan regresi linier berganda Ŷ = -0,394 + 0,820 X1 + 0,147 X2 - 0,843 X3 yang telah diuji kelayakkan asumsi normalitas berdistribusi normal serta tidak terjadi heterokedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas dan tidak terjadi autokorelasi, maka model regresi BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin dengan nilai thitung sebesar 5,839 > ttabel 1,706 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil pengujian variabel biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin dengan thitung sebesar 2,126 > ttabel 1,706 dan tingkat signifikansi sebesar 0,043 < 0,05, dan hasil pengujian variabel biaya administrasi & umum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Net Profit Margin dengan thitung sebesar 9,839 > ttabel 1,706 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel independen tersebut yaitu biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dengan nilai Fhitung = 40,474 > F0,05 (3;26) = 2,98 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis Adjusted R Square menunjukkan bahwa pengaruh antara biaya produksi, biaya promosi, dan biaya administrasi & umum terhadap Net Profit Margin, yaitu sebesar 79,9% dan sisanya sebesar 20,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti biaya distribusi, biaya bunga, dan gaji karyawan. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran-saran kepada perusahaan dalam upaya meningkatkan rasio Net Profit Margin-nya, Agar bisa lebih meningkatkan biaya produksi yang dikeluarkan, karena apabila biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan lebih ditingkatkan, maka dapat menghasilkan Net Profit Margin yang tinggi, dan agar bisa lebih meningkatkan biaya promosi yang dikeluarkan, karena apabila biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan lebih ditingkatkan, maka dapat menghasilkan Net Profit Margin yang tinggi, dan Agar lebih bisa mengurangi biaya administrasi & umum yang dikeluarkan, karena apabila biaya administrasi yang dikeluarkan perusahaan lebih ditingkatkan, maka dapat mengurangi Net Profit Margin.