Abstrak  Kembali
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERMEN MEREK RELAXA DI SMU NEGERI 10 BEKASI Skripsi. Program Strata Satu, Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2013. Jakarta. Kata Kunci : Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk permen Relaxa dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada permen merek Relaxa. Dalam metode ini peneliti ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel (X) Kualitas produk dengan variabel (Y) keputusan pembelian. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dari peneliti secara langsung kepada responden. Dengan metode ini akan dijelaskan besarnya variabel terikat terhadap variabel bebas. Lalu dikatakan survey karena menggunakan sampel, sehingga peneliti dapat mengungkapkan mengenai pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Dalam penulisan skripsi ini, metode pengumpulan data adalah langkah yang sangat penting, sebab data yang telah dikumpulkan tersebut dipergunakan untuk bahan pertimbangan pembahasan selanjutnya. Dalam program ini kegiatan penilitian dilaksanakan di SMU Negri 10 yang berada di wilayah Bekasi, masa penelitian ini dilaksanakan selama ± 1 minggu yaitu sejak tanggal 24 September 2012 sampai dengan tanggal 29 September 2012. Berdasarkan uji korelasi ternyata diketahui bahwa hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembelian pada siswa dan siswi SMU 10 Bekasi adalah signifikan (dengan ketentuan nilai signifikasinya < 0.05), hal ini ditunjukkan dengan hasil dibawah 0.05 yaitu 0.000. Jadi kualitas produk dengan keputusan pembelian bagi siswa/wi SMU Negeri 10 bekasi adalah saling mempengaruhi. Berdasarkan hasil perhitungan regresi, kedua variabel yang diteliti ternyata diperoleh nilai t = 3.546 dengan signifitansi = 0,000. Artinya variable kualitas produk dari permen relaxa dari PT Agel Langgeng Jakarta terhadap keputusan pembelian pada siswa dan siswi SMU Negeri 10 Bekasi secara positif signifikan. Hasil uji koefisien determinasi terlihat bahwa independent variabel kualitas produk dapat menjelaskan dipendent variable bahwa keputusan pembelian pada siswa siswi SMU Negeri 10 Bekasi adalah sebesar r squere = 0,114, yang artinya saling berkaitan antara kedua variable tersebut. Permen merk relaxa dari PT Agel Langgeng Jakarta memiliki keunggulan sekaligus menjadi kekuatan (strengths) dari produk tersebut dalam penelitian ini adalah indikator “Permen Relaxa memiliki tekstur yang halus dengan nilai rata – rata 3.96. dan para remaja yang menjadi responden ternyata “Puas dengan Permen Relaxa”, dengan nilai rata – rata 3.81. Permen merk relaxa dari PT Agel Langgeng Jakarta juga memiliki kelemahan (weaknennes) pada indikator layanan bebas pulsa tentang informasi pada PT Agel Langgeng tersebut dengan nilai rata – rata 3.58. dan ternyata indikator keputusan membeli dipengaruhi oleh kelas atau golongan produk dengan nilai rata – rata 3.48. Permen relaxa memang memiliki kualitas jika dilihat dari sisi produknya, permen relaxa memiliki nilai saing yang baik, namun PT Agel Langgeng hendaknya memiliki terobosan serta trik khusus yang selalu ditingkatkan untuk tetap meraih perhatian pembeli, dan bahkan harus cari cara yang jauh lebih menarik untuk dapat meningkatkan penjualan. Hubungan antara kualitas produk dengan keputusan pembeli itu adalah ternyata signifikan, karena itu produk harus berani tampil beda dan terus berubah. Permen relaxa dapat merubah rasa dengan yang lebih sensasi dan di sukai terutama dikalamngan anak muda. Untuk menciptakan pasar yang fanatic terhadap permen relaxa hendaknya pihak manajemen terutama bagian pemasaran hendaknya selalu aktif dalam mensponsori acara acara di kalangan anak muda, dan membuat iklan lebih kreatif yang terkesan dan tidak dapat dilupakan oleh penggemar permen. Permen merk relaxa dari PT Agel Langgeng Jakarta memiliki keunggulan sekaligus menjadi kekuatan (strengths) adalah permen relaxa memiliki tekstur yang halus, namun selain tekstur hendaknya diperhatikan juga banyak hal seperti rasa, kemasan dan promosi harus ditingkatkan. Dan para remaja yang menjadi responden ternyata “Puas dengan Permen Relaxa”, namun permen juga harus diperhatikan kalangan lain yaitu anak anak juga dewasa. Permen merk relaxa dari PT Agel Langgeng Jakarta juga memiliki kelemahan (weaknennes) pada indikator layanan bebas pulsa tentang informasi pada PT Agel Langgeng Jakarta, hal ini sebaiknya diperhatikan, karena layanan atau custumer care itu sangat diperlukan untuk perkembangan suatu produk. dan ternyata indikator keputusan membeli dipengaruhi oleh kelas atau golongan produk, dengan demikian golongan atau kelas dari permen itu penting, artinya jika permen ada di tingkat atau golongan kelas atas, maka responden atau remaja akan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Untuk menjadi permen pilihan maka promo juga penting, iklan direvisi secara berkala agar slalu ada dihati penggemarnya