Abstrak  Kembali
PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN PIZZA HUT CABANG PONDOK INDAH MALL JAKARTA SELATAN. Skripsi Program Strata Satu Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta. Kata kunci: Kualitas jasa, Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan pada restoran pizza hut cabang pondok indah mall Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini digunakan metode survey, dengan sampel penilitian yang dipilih dari pelanggan restoran pizza hut cabang pondok indah mall Jakarta Selatan. Variabel yang diteliti adalah kualitas jasa sebagai variabel independen dan kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari restoran pizza hut cabang pondok indah Jakarta Selatan mulai dari tanggal 24 Agustus - 24 September 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini melalui kuesioner dengan membagikan pernyataan-pernyataan untuk mengumpulkan data dan pendapat dari para responden yang telah dipilih. Pengolahan data dengan bantuan Sofware SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 20.0, dan analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis regresi, uji hipotesis dan analisis koefisien korelasi dan determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa Ŷ= 3,543+0,551X. Dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang artinya jika kualitas jasa ditingkatkansatu poin maka kepuasan pelanggan meningkat 0,551. Hasil pengujiam hipotesis yaitu uji f diperoleh 0,000<0,05 artinya H0 ditolak atau terdapat pengaruh signifikan kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan. Sementara hasil analisis koefisien korelasi r= 0,804 dapat diartikan bahwa antara kualitas jasa dengan kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang sangat kuat, sementara nilai koefisien determinasi rē = 64,7 atau sebesar 64,7%, artinya 64,7% variasi atau perubahan pada kualitas jasa merupakan kontribusi dari variabel kepuasan pelanggan, sementara 35,3% sisanya merupakan pengaruh faktor-faktorlain. Oleh karena itu disarankan pada restoran Pizza Hut cabang pondok indah mall Jakarta Selatan untuk harus lebih meningkatkan kualitas pelayanannya dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Berdasarkan hasil kuesioner, masih terdapat respon negatif terhadap Kepuasan pelanggan seperti dari kebersihan dan kenyamanan. Maka dari itu penulis menyarankan untuk meningkatkan kebersihan dan kenyamanan yang sudah ada agar memberikan kepuasan bagi pelanggan yang berkunjung ke restoran ini, serta terus melakukan inovasi-inovasi untuk perkembangan dan kesempurnaan pelayanannya di masa yang mendatang.