Abstrak  Kembali
PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA ADMINISTRASI TERHADAP PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Skripsi. Program Strata Satu, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2015. Jakarta. Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Administrasi, dan Penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya administrasi terhadap penjualan pada perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2013. Variabel yang diteliti adalah biaya produksi dan biaya administrasi sebagai variabel bebas (X), dan penjualan sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian bersifat sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menggunakan SPSS 20.0 dengan persamaan regresi linear berganda Ŷ = 0,574 + 0,868 X1 + 0,133 X2 yang telah diuji kelayakan asumsi normalitas, heterokedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan dengan nilai thitung > ttabel (40,245 > 2,052) dan tingkat signifikansi 0,000. Hasil variabel biaya administrasi berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai thitung > ttabel (4,583 > 2,052) dan tingkat signifikansi 0,000. Kemudian hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) kedua variabel independen tersebut yaitu biaya produksi dan biaya administrasi berpengaruh signifikan terhadap penjualan dengan nilai Fhitung > Ftabel (5800,486 > 3,35) dan tingkat signifikansi sebesar 0,000.Berdasarkan hasil total Adjusted R Square menunjukkan bahwa pengaruh antara biaya produksi dan biaya administrasi terhadap penjualan, yaitu sebesar 0,998 atau 99,8% dan sisanya sebesar 0,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, seperti biaya distribusi, biaya keuangan, dan biaya bunga. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada perusahaan untuk lebih mengoptimalkan dana yang tersedia, salah satunya dengan mengurangi biaya-biaya produksi dan biaya lainnya sehingga dapat menekan harga jual produk, selalu berusaha untuk terus meningkatkan penjualan setiap tahunnya. Penjualan bisa ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas produk, dengan itu maka penjualan yang dihasilkan pun akan semakin besar, sehingga akan meningkatkan penjualan dan laba pada perusahaan.