Abstrak  Kembali
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BUSWAY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KORIDOR I (BLOK M - KOTA), Skripsi. Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta. Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Variable yang di teliti adalah kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi penelitian ini adalah pengguna transportasi Transjakarta (penumpang busway) di DKI Jakarta khususnya koridor 1 (satu) Blok M - Kota. Data penelitian ini bersifat primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner. Dengan jumlah sample sebanyak 100 responden. Data diolah dengan analisis yang regresi linear sederhana, dan uji t atau analisis determinasi. Dengan bantuan SPSS 13.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan kualitas pelayanan terletak pada kenyamanan penumpang, sedangkan kekuatan kepuasan pelanggan terletak pada fasilitas Transjakarta. Disamping itu juga diketahui jika kualitas pelayanan naik satu point maka kepuasan pelanggan naik 0,277 point. Nilai koefisien determinasi ( R square ) diperoleh 11,4%, hal ini berarti bahwa variable kepuasan pelanggan yang terjadi dapat di jelaskan oleh variable kualitas pelayanan, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh kualitas pelayanan tersebut tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 11,4% sedangkan sisanya 88,6 % dijelaskan oleh faktor lain diluar variable kualitas pelayanan. Oleh sebab itu, disarankan kepada pengelola lapangan dan operasional dengan ketepatan jam operasi busway untuk koridor 1 (Blok M – Kota) serta pelayanan dalam memperbaiki sistem yang kurang tersebut, dalam bentuk-bentuk pelayanan yang tidak sesuai menjadikan sesuai dalam mengelola pelayanan busway khususnya koridor 1 (Blok M – Kota )