EKA YULIANTI (0902015023)
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR
INDUSTRI BARANG KONSUMSI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN
MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK
INDONESIA)
SkripsI. Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Jakarta.
Kata Kunci: Profitabilitas, Harga Saham
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasio profitabilitas
terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia.
Dalam penelitian ini digunakan metode Eksplanasi. Variabel yang diteliti
adalah profitabilitas sebagai variabel independen dan harga saham sebagai
variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari Bursa Efek
Indonesia (BEI) mulai dari 20 April-20 Mei 2013. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu telaah dokumen dengan melakukan
pengambilan data laporan keuangan tahunan (annual report) yang dipublikasikan
di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Teknik pengolahan dan analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriftif, analisis regresi linear berganda, uji
asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisiensi determinasi (R2)
Berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Ŷ= -
72276.671+615.139X1+11430.346X2–229.188X3. Koefisien regresi Net profit
margin (X1) sebesar 615.139 menunjukkan setiap NPM naik sebesar 1% dengan
asumsi variabel ROA dan ROE tetap menyebabkan harga saham (Y) naik sebesar
Rp. 615.139/lembar dan sebaliknya.
vii
Koefisien regresi Return On Asset (X2) sebesar 11430.346, menunjukkan
setiap Return on Assest (ROA) naik sebesar 1% dengan asumsi variabel NPM
dan ROE tetap menyebabkan harga saham (Y) naik sebesar Rp.11430,346/lembar
dan sebaliknya. Koefisien regresi Return On Equity(X3) sebesar -229.188
menunjukkan setiap Return on Equity (ROE) naik sebesar 1% dengan asumsi
variabel NPM dan ROA tetap menyebabkan harga saham (Y) turun sebesar
Rp.229.188/lembar. Hasil pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas,
uji multikoloneritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Dapat disimpulkan
dalam uji asumsi klasik penelitian ini terdapat autokorelasi yang dikemudian
dilakukan uji run-test dan hasil tidak terdapat autokorelasi. Hasil pengujian secara
simultan (f) diperoleh taraf signifikasi < 0.05 menunjukkan bahwa Net Profit
Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) berpengaruh
signifikan terhadap harga saham.
Pada pengujian secara simultan diketahui bahwa Net Profit Margin, Return
On Asset, Return On Equity berpengaruh signifikan terhadap harga saham, maka
diharapkan perusahaan meningkatkan laba. jika labanya besar maka dividen yang
dibagikan besar, sehingga investor akan melakukan investasi di perusahaan
tersebut.
|