Abstrak  Kembali
EKA YULIANTI (0902015023) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) SkripsI. Program Strata Satu Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Jakarta. Kata Kunci: Profitabilitas, Harga Saham Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini digunakan metode Eksplanasi. Variabel yang diteliti adalah profitabilitas sebagai variabel independen dan harga saham sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai dari 20 April-20 Mei 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu telaah dokumen dengan melakukan pengambilan data laporan keuangan tahunan (annual report) yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji koefisiensi determinasi (R2) Berdasarkan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Ŷ= - 72276.671+615.139X1+11430.346X2–229.188X3. Koefisien regresi Net profit margin (X1) sebesar 615.139 menunjukkan setiap NPM naik sebesar 1% dengan asumsi variabel ROA dan ROE tetap menyebabkan harga saham (Y) naik sebesar Rp. 615.139/lembar dan sebaliknya. vii Koefisien regresi Return On Asset (X2) sebesar 11430.346, menunjukkan setiap Return on Assest (ROA) naik sebesar 1% dengan asumsi variabel NPM dan ROE tetap menyebabkan harga saham (Y) naik sebesar Rp.11430,346/lembar dan sebaliknya. Koefisien regresi Return On Equity(X3) sebesar -229.188 menunjukkan setiap Return on Equity (ROE) naik sebesar 1% dengan asumsi variabel NPM dan ROA tetap menyebabkan harga saham (Y) turun sebesar Rp.229.188/lembar. Hasil pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikoloneritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Dapat disimpulkan dalam uji asumsi klasik penelitian ini terdapat autokorelasi yang dikemudian dilakukan uji run-test dan hasil tidak terdapat autokorelasi. Hasil pengujian secara simultan (f) diperoleh taraf signifikasi < 0.05 menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pada pengujian secara simultan diketahui bahwa Net Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity berpengaruh signifikan terhadap harga saham, maka diharapkan perusahaan meningkatkan laba. jika labanya besar maka dividen yang dibagikan besar, sehingga investor akan melakukan investasi di perusahaan tersebut.