Andree Iransa (0802015015)
PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN LEASING SEPEDA MOTOR HONDA DI PT.
FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) CIKOKOL TANGERANG
Skripsi. Program Strata Satu. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap
Keputusan Pembelian di PT. Federal International Finance (FIF) cikokol
tangerang.
Penulis menggunakan metode survei, yaitu pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara peninjauan secara langsung pada konsumen PT. Federal
International Finance (FIF), dengan menggunakan kuesioner. Var iabel yang
diteliti yaitu variabel bebasnya bauran pemasaran dan variabel terikatnya adalah
keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu data primer, dengan cara meninjau langsung konsumen PT. Federal
International Finance (FIF) yang menjadi objek penelitian dan teknik yang
digunakan adalah: observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengolahan dan
analisis data yang digunakan adalah uji reliabilitas, validitas, statistik deskriptif,
analisis regresi sederhana, uji hipotesis, asumsi klasik, korelasi (r) dan determinasi
(R2). diperoleh nilai thitung sebesar 13,283, ttabel sebesar 1,997 dengan demikian Ho
vii
ditolak karena thitung > ttabel atau 13,283 > 1,669 sehingga dapat ditarik kesimpulan,
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian konsumen
yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Dan dari hasil koefisien korelasi pada
table 4.36 dapat disimpulkan bahwa adanya hasil koefisien korelasi antara ekuitas
merek (X) dan keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 0,858, angka tersebut
dapat diartikan bahwa antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian
konsumen memiliki hubungan yang sangat kuat. Sifat hubungan bauran
pemasaran dengan keputusan pembelian konsumen adalah 0,000. Artinya,
0,000<0,05, menunjukan adanya korelasi antara kedua variable yang signifikan.
Kemudian hasil pengolahan data tabel 4.37 diperoleh nilai koefisien determinasi rē
= 0,737 atau sebesar 73,7%, artinya 73,7% variasi atau perubahan pada keputusan
pembelian konsumen merupakan kontribusi dari variabel bauran pemasaran,
sementara 26,3% sisanya merupakan kontribusi faktor- faktor lain seperti kegiatan
bauran promosi.
|