Abstrak  Kembali
M. Fadlan Prasetyo (0802015072) PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN SISWA SMP AN-NISAA Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Jakarta kata kunci: kualitas Jasa, Kepuasan Siswa Semakin berkembangnya pola pendidikan yang begitu cepat dan silih berganti sehingga memunculkan persaingan di bidang pendidikan terutama pada lembaga sekolah menengah pertama (smp), sehingga tingkat persaingan untuk mendapat konsumen semakin sulit. Salah satu strategi yang dilakukan dalam mempertahankan atau meningkatkan atau meningkatkan jumlah konsumenya adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan memberikan kualitas pelayanan yang optimal, maka diharapkan mampu diharapkan mampu memenihi harapan konsumenya, mampu memenangkan persaingan yang pada akhirnya akan memperoleh keuntungan yang maksimal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan siswa SMP An-Nisa Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Sedangkan variabel yang di teliti adalah "Kualitas Jasa" sebagai variabel independen dan "Kepuasan Siswa" sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari SMP An-NIsaa dilengkapi dengan sumber data pustaka lainya. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan seperangkat pernyataan atau pertanyaan tertyulis kepada responden. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solution ) versi 17.00, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi sederhana, uji hipotesis, analisis koefisien korelasi dan determinasi Berdasarkan analisis regresi linier sederhana didapatkan hasil Y=0,814=0,761, hasil uji t menunjukkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka tolak H0 dan terima h2 dengan nilai Thitung 10,003 > ttabel 1,994. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan perubahan variabel kualitas jasa terhadap kepuasan siswa. hasil analisis koefisien korelasi antar kualitas jasa terhadap kepuasan siswa mempunyai hubungan yang kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,768. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) menunjukan angka Rsquare 0,590 atau sebesar 59,0%. Sedangkan sisanya 41,0% (100%- 59,0% = 41,0%) dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini