Arif Dwi Utomo (1002015011)
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN PRODUK SUSU BUBUK 123 VANILA PT. FRISIAN FLAG
INDONESIA DI KELURAHAN PASAR REBO
Skripsi. Program Strata Satu, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Jakarta.
Kata Kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi
terhadap keputusan pembelian produk susu bubuk 123 vanila PT. Frisian Flag
Indonesia di kelurahan pasar rebo.
Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Sedangkan variabel
yang di teliti adalah “ Bauran Promosi ” sebagai variabel independen dan “
Keputusan Pembelian ” sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dari Frisian Flag Indonesia dilengkapi dengan sumber data pustaka
lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dengan menyebarkan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan
dengan memberikan seperangkat pernyataan atau pertanyaan tertulis kepada
responden. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan software SPSS
(Statistical Product and Service Solution) versi 17.0, dan analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi
sederhana, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi.
Hasil koefisien regresi diketahui Ŷ= 1,314 + 0,700X, yang berarti adanya
korelasi positif sedang antara bauran promosi dengan keputusan pembelian yaitu
sebesar 0,700. Korelasi positif artinya semakin baik bauran promosi yang
diberikan kepada konsumen maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian.
Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh bauran promosi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi menunjukan
sebesar 46,3%, artinya 46,3%, variasi atau perubahan pada keputusan pembelian
vii
merupakan kontribusi dari variabel bauran promosi, dan sisanya 53,7%
merupakan kontribusi dari faktor – faktor lain. Berdasarkan hasil tersebut penulis
berkesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bauran promosi
yang dilakukan oleh PT. Frisian Flag Indonesia terhadap keputusan pembelian.
Oleh karena itu disarankan mungkin dapat bermanfaat dan berguna
sehingga dapat menambah masukan pada PT. Frisian Flag Indonesia, agar dapat
lebih baik lagi.
|